Senin, 01 September 2008

Siapkan Emergency Fund

Berapakah pengeluaran anda setiap bulan ? Sudahkah anda mengetahui berapa besar pengeluaran rutin anda setiap bulan ? Perlu kita ketahui jumlah pengeluaran rutin setiap bulan untuk perencanaan keuangan kita dengan baik supaya kita dapat melakukan pengaturan keuangan yang baik dan apa hubungannya dengan emergency fund ?

Setiap hari kita bekerja dan kita memperoleh penghasilan dari gaji yang kita terima setiap hari bulan. Penghasilan itu akan menjadi rutin selama kita mampu melakukan pekerjaan dengan kata lain kita sehat dan atau kita terjadi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari perusahaan tempat kita bekerja yang dapat disebabkan beberapa hal.

Apa yang dimaksud dengan emergency fund ? Emergency fund adalah suatu dana cadangan yang kita persiapkan apabila kita mengalami hal-hal sepeti di atas yaitu sakit yang menyebabkan kita tidak mampu melakukan pekerjaan atau terkena PHK, kedua hal ini akan menyebabkan kita kehilangan penghasilan untuk sementara waktu sehingga perlu suatu dana cadangan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita selama kita mengalami hal-hal seperti ini.

Jumlah dana cadangan yang kita harus persiapkan adalah relatif tetapi kita dapat melakukannya dengan cara menjustifikasi jumlah pengeluaran kita setiap bulan. Kemudian kita perhitungkan kira-kira berapa bulan lamanya kita tidak mampu memberikan penghasilan. Tidak ada besaran pasti tapi kita mempergunakan rule of thumb kira-kira sebesar 6 bulan pengeluaran artinya kita harus memiliki dana cadangan sebesar 6 kali pengeluaran kita setiap bulan makanya terlebih dahulu kita harus mengetahui besarnya jumlah pengeluaran rutin setiap bulan.

Dana cadangan ini harus ditempatkan pada instrumen yang likuid yaitu mudah dicairkan bilamana terjadi sesuatu pada diri kita seperti tabungan di bank. Dana cadangan ini harus dipisahkan dari rekening untuk pengeluaran rutin kita karena dana ini harus benar-benar tersedia. Bilamana kita tidak memisahkannya akan membuat kita selalu mencoba untuk meminjam dari dana cadangan apabila kita mempunyai kebutuhan yang mendesak. Dana cadangan ini tidak boleh disentuh selama kita tidak mengalami hal-hal di atas, perlu adanya komitmen dalam diri kita dan keteguhan hati untuk menyatakan tidak akan mengambil dari dana cadangan. Kita dapat melaksanakan komitmen seperti ini apabila kita sudah merencanakan segala sesuatunya.

Hal yang terberat dalam mempersiapkan dana cadangan adalah memulai, Bagaimana cara kita memulai mempersiapkan dana cadangan ? Apakah kita harus mempersiapkannya dalam sejumlah 6 kali pengeluaran kita sekaligus atau kita memulai dengan cara mengumpulkan sedikit demi sedikit. Mana yang harus didahulukan emergency fund atau mempersiapkan investasi ? Kalau kita mempunyai kemampuan untuk mempersiapkan sekaligus kita harus langsung menyiapkannya dan bila tidak kita harus menyiapkannya sedikit demi sedikit. Dari segi prioritas kita harus mendahulukan emergency fund daripada investasi, karena kita harus memiliki jaminan terhadap kelangsungan hidup kita apabila terjadi sesuatu dalam hidup kita. Siapkanlah emergency fund supaya hidup anda lebih aman.

Tidak ada komentar: