Senin, 01 September 2008

Hobi Belanja

Setiap orang mempunyai hobi masing-masing dalam mengisi kekosongan dalam hidupnya seperti berolah raga, kesenian, koleksi barang termasuk hobi belanja di shopping center atau ada juga yang sekedar ingin memenuhi hobi berbelanja dengan melakukan window shopping di boutique-boutique. Tulisan ini juga akan mengajak anda untuk meneruskan atau mempertahankan gaya hidup hobi belanja anda cuma dalam pola yang berbeda dari hobi belanja yang konsumtif.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang hobi belanja yang lain, marilah kita meninjau terlebih dahulu seperti apakah hobi belanja yang konsumtif ? Hobi belanja yang konsumtif adalah hobi belanja yang semata-mata untuk memenuhi gaya hidup seseorang yang mewah dengan membeli segala sesuatu yang nilainya akan menurun dikemudian hari atau sama sekali tidak ada nilainya seperti membeli pakaian, sepatu, parfum, furniture, houseware, peralatan elektronik dan sebagainya.

Banyak orang yang melakukan membeli mobil dengan alasan untuk mengurangi biaya transportasi tetapi kadang-kadang hal ini menjadi salah, karena dengan memiliki mobil kita juga harus membayar biaya bahan bakar, perawatan mesin, ban, asuransi dan pajak kendaraan. Kita harus mencermati perhitungan ini dengan baik supaya kita dapat merencanakannya dengan benar.

Hobi belanja seperti itu akan membahayakan keadaan keuangan seseorang bilamana tidak dapat dikendalikan apalagi kalau pembelian itu dilakukan dengan memanfaatkan utang yang akan menjadikan orang tersebut terjebak utang. Pola konsumtif ini pada umumnya susah untuk dikendalikan oleh seseorang apabila sudah menjadi kebiasaan (habit), perlu keteguhan hati untuk melakukan change management.

Jadi hobi belanja seperti apa yang dianjurkan dalam perencanaan keuangan ? Sebenarnya sederhana sekali, hobi belanja yang membuat anda akan menjadi lebih sejahtera di kemudian hari, yaitu membeli aset-aset yang nilainya tidak akan turun di kemudian hari yang boleh kita sebut sebagai investasi.

Banyak orang mengatakan investasi itu sulit dilakukan dan perlu uang yang besar. Sebenarnya rahasia sukses dalam investasi itu sederhana sekali apabila kita dapat memenuhi 3 Cukup di bawah ini, yaitu :

- Cukup waktu dalam memilih dan menentukan investasi yang baik
- Cukup uang dalam melakukan investasi
- Cukup pengetahuan dalam melakukan analisa investasi

Pada jaman sekarang, dengan uang minimal Rp. 100.000,- kita sudah dapat melakukan investasi di reksadana sehingga tidak membutuhkan dana yang besar. Kita harus merubah pola window shopping kita ke pola belanja yang lebih menguntungkan dengan cara memperoleh informasi seluas-luasnya dari harian yang memuat tentang reksadana dan perubahan harganya sehingga kita mempunyai kemampuan untuk melakukan analisa. Dengan pola belanja seperti ini selain lebih untung dan juga tidak melelahkan, Selamat berbelanja.

Tidak ada komentar: