Senin, 01 September 2008

Debt Management

Sebelum anda membaca tulisan ini, tanyakan pada diri anda sendiri, apakah anda sudah terjebak utang dalam hidup anda ? Debt Management atau dalam bahasa Indonesia disebut pengendalian utang selalu berhubungan dengan gaya hidup (life style) seseorang yang ingin memiliki semua kemewahan duniawi tetapi tidak merencanakan untuk memperolehnya melainkan dengan mempergunakan jalur singkat (short cut) yaitu dengan cara berutang.

Sekarang marilah kita memperhatikan apa bedanya menabung dan berutang ? Menabung artinya menyimpan daya beli saat ini untuk digunakan pada masa yang akan datang sedangkan berutang sama dengan mengambil daya beli masa datang untuk digunakan pada saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa kalau kita berutang berarti kita sudah memanfaatkan kemampuan kita di masa depan untuk dipergunakan pada saat sekarang, jangankan merencanakan masa depan sekarang saja sudah dipergunakan.

Gaya hidup kita harus kita kuasai sendiri, tidak ada seorangpun yang dapat merubah gaya hidup anda, jangan kita memikirkan bahwa kalau kemewahan yang ada kita tidak nikmati sekarang kapan lagi akan kita nikmati. Kenikmatan sesaat dengan cara berutang anda harus membayarnya dengan cara mengangsur.

Banyak orang yang tertarik dengan penawaran kartu kredit yang begitu mudah dari bank, kemudian setelah mendapatkan kartu kredit tersebut langsung membelanjakannya, pada saat tagihan diterima, orang tersebut hanya membayar pembayaran minimum atau sebagian dari nilai tagihan saja. Orang yang seperti ini dapat kita sebut sudah terjebak utang dan melakukan pembayaran dengan cara mencicil dengan suku bunga 1.5% per bulan yang artinya sama dengan bunga efektif 31.72% per tahun untuk pembayaran selama 1 tahun. Coba anda bayangkan dengan kenikmatan sesaat harus membayar selama setahun dengan suku bunga yang begitu tinggi.

Kita harus menghindari utang atas pembelian atau pemanfaatan pada barang atau jasa yang nilainya terus menurun seperti kredit mobil, barang elektronik ataupun pembayaran jasa wisata dengan kartu kredit kemudian mencicilnya pada saat tagihan kartu kredit diterima. Penarikkan tunai dengan memanfaatkan kartu kredit juga harus dihindari karena suku bunga yang dikenakan atas penarikkan tunai sangat tinggi.

Dari penjelesan di atas juga tidak menyatakan bahwa anda tidak boleh berutang sama sekali, anda boleh berutang dengan ketentuan harus memenuhi dua syarat di bawah ini :

Pembelian rumah tinggal atau tempat usaha yang nilainya terus meningkat, peningkatan nilainya harus lebih besar dengan suku bunga kredit anda.

Pembelian kenderaan seperti mobil untuk usaha, walaupun nilai mobil ini akan menurun terus setiap tahun tetapi dengan memanfaatkan mobil ini anda akan memperoleh cash flow dan keuntungan dari usaha anda.
Kuasailah gaya hidup anda, untuk menghindari anda terjebak dalam utang, sehingga anda tidak memanfaatkan masa depan anda dengan kemewahan yang sesaat saat ini, rencanakan segala sesuatunya termasuk segala keinginan anda untuk menjadikan hidup anda lebih bermanfaat bagi anda dan keluarga anda.

1 komentar:

GRACE TANZIL, BJG mengatakan...

saya setuju sekali dengan "Berhutang = memanfaatkan daya beli di masa depan pada waktu saat ini." Tapi ada kadalanya pengguanan hutang itu jauh lebih baik dari pada tunai. Jadi sebagai consumen harus pandai memilih dan jangan terjebak.