Rabu, 03 September 2008

Selalu Punya Pilihan

Pernahkah anda menghadapi keadaan sehingga anda merasa bahwa anda tidak memiliki pilihan lagi ? Keadaan ini sering dihadapi oleh setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan. Bagaimana caranya kita menghadapi keadaan seperti ini ? Apakah kita akan melakukan protes atau bernegosiasi ? Apakah kita masih punya pilihan lagi.
Saya akan memberikan contoh keadaan seperti apa yang terjadi sehingga anda seakan-akan tidak memiliki pilihan lain lagi. Pernahkah anda dipindahkan ke suatu bagian yang benar-benar anda tidak sukai oleh atasan anda. Atasan anda memberikan penugasan tersebut dengan tidak memberikan alasan dan harus anda ikuti. Apa yang akan terjadi jika keadaan seperti ini terjadi pada diri anda ? Anda pasti akan mengatakan atau berpendapat bahwa atasan anda semena-mena, tidak beralasan memindahkan anda, diktator, tidak berdasar, tidak adil, kurang profesional dan lain sebagainya.
Apakah anda masih punya pilihan ? Anda pasti akan mengatakan bahwa anda tidak punya pilihan kecuali mengikuti kemauan atasan anda. Sebenarnya anda masih punya 3 pilihan yaitu :
- Anda mengikuti kemauan atasan
- Anda tidak mengikuti kemauan atasan sehingga anda memilih keluar dari perusahaan
- Anda tidak melakukan apa-apa
Nah, dari uraian di atas, bahwa setiap saat kita selalu memiliki pilihan pada keadaan yang paling kritis sekalipun. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: