Senin, 01 September 2008

Financial Independent

Dalam beberapa tulisan yang lalu, saya selalu mengemukakan tentang Financial Independent, banyak orang bertanya-tanya dalam kondisi apakah seseorang akan disebut Financial Independent. Financial Independent dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai bebas dari masalah keuangan. Dengan tercapainya Financial Independent sama artinya kita sudah tidak perlu bekerja lagi untuk memperoleh penghasilan tetapi dengan kekayaan yang ada kita dapat memperoleh penghasilan.

Seseorang yang telah mencapai Financial Independent tidak akan dikuasai oleh uang melainkan dialah yang menguasai uang. Uang akan bekerja untuk dirinya dan orang tersebut akan mengalami kesejahteraan dan dapat menikmati kesejahteraan yang telah dibangun olehnya.

Bagaimana caranya agar kita dapat mencapai Financial Independent ? Financial Independent dapat dicapai mengakumulasikan kekayaan melalui penyisihan dari pendapatan kita dan melakukan investasi sampai jumlah tertentu dan setelah tercapai jumlah tersebut kekayaan tersebut akan memberikan penghasilan yang dapat kita pergunakan pada saat kita sudah tidak bekerja lagi. Kekayaan tersebut dapat berupa aset dan sejumlah dana antara lain rumah tempat tinggal yang sudah lunas pembayaran cicilan, dana pendidikan anak sudah tersedia, dana pensiun sendiri yang cukup untuk biaya hidup setelah pensiun.
Rumus Financial Independent dapat disederhanakan menjadi :

Financial Independent = Home + Saving & Investments

Dimana,

Home = rumah yang sudah lunas dibayar dan menjadi tempat tinggal
Saving = Dana pendidikan dan Dana pensiun sendiri
Investments = Investasi atas saving yang ada

Orang yang sudah mencapai Financial Independent adalah orang yang sudah tidak bekerja dari untuk memperoleh penghasilan dana pensiun yang tersedia akan memberikan income atau penghasilan rutin setiap bulan. Cara orang tersebut mencapai Financial Independent adalah melakukan akumulasi (wealth accumulation) selama dirinya masih bekerja dan berpenghasilan, kemudian hasil akumulasinya diinvestasikan pada aset-aset yang menghasilkan (wealth management) sesuai dengan rencana yang telah disusun yang kita sebut Financial Plan.

Selama orang tersebut masih bekerja dan berpenghasilan serta menyisihkan sebagian penghasilannya untuk mencapai suatu nilai tersebut (Future Assets), orang tersebut harus dilindungi oleh asuransi jiwa yang nilai pertanggungannya sebesar Future Assets yang akan dikumpulkan disebut juga wealth protection untuk melindungi dirinya bilamana terjadi sesuatu seperti meninggal dunia, sakit, cacat tetap (disability) dan asuransi jiwa yang akan membawa dirinya atau keluarganya menuju Financial Independent. Hanya dengan Financial Planning yang komprehensif akan membawa kita menuju Financial Independent dan kesejahteraan di masa datang. Tunggu apa lagi !!!

Tidak ada komentar: